Pernyataan Ketidakberpihakan

PT. AYAMARU SERTIFIKASI memegang prinsip-prinsip dasar untuk menumbuhkan kepercayaan, yang mencakup :
• Ketidakberpihakan
• Kompetensi
• Tanggung jawab,
• Keterbukaan,
• Kerahasiaan, dan
• Cepat tanggap terhadap keluhan


PRINSIP KETIDAKBERRPIHAKAN

PT. AYAMARU SERTIFIKASI merupakan lembaga sertifikasi yang tidak berpihak sehingga mampu memberikan sertifikasi yang terpercaya. Sumber pendapatan                 PT. AYAMARU SERTIFIKASI terdiri dari beberapa sektor, antara lain berupa jasa konsultansi dan jasa penilaian kinerja PHPL dan VLK serta berasal dari pembayaran sertifikasi kliennya. Kondisi ini merupakan suatu ancaman potensial terhadap ketidakberpihakan.

Untuk mendapatkan dan memelihara kepercayaan, keputusan PT. AYAMARU SERTIFIKASI selalu didasarkan pada bukti objektif dari kesesuaian (atau ketidaksesuaian) yang diperoleh dan keputusannya tidak dipengaruhi oleh kepentingan lain atau oleh pihak lain.

Ancaman terhadap ketidakberpihakan mencakup hal berikut ini :

  1. Ancaman swa-kepentingan, ancaman yang timbul dari seseorang atau lembaga yang bertindak untuk kepentingannya sendiri. Kepentingan yang terkait dengan sertifikasi yang merupakan ancaman pada ketidakberpihakan adalah swa-kepentingan terhadap keuangan.
  2. Ancaman swa-kajian; ancaman yang timbul dari seseorang atau lembaga yang melakukan kajian terhadap pekerjaannya sendiri. Audit sistem manajemen klien oleh seseorang dari lembaga sertifikasi yang telah memberikan konsultan sistem manajemen menjadi ancaman dalam swa-tinjauan.
  3. Ancaman yang sudah diketahui (atau kepercayaan); ancaman yang timbul dari seseorang atau lembaga yang terlalu akrab atau terlalu percaya dengan personel tertentu dibanding dengan bukti audit.
  4. Ancaman intimidasi; ancaman yang timbul dari seseorang atau lembaga yang memaksa untuk membuka atau menyimpan rahasia suatu persepsi. Seperti ancaman akan mengganti atau melaporkan kepada supervisor.

PRINSIP KOMPETENSI

PT. AYAMARU SERTIFIKASI didukung oleh personel yang kompeten dalam sistem manajemen lembaga sertifikasi agar dapat memberikan sertifikasi yang terpercaya. Kompetensi adalah kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi personel PT. AYAMARU SERTIFIKASI mengikuti persyaratan seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Bina Produksi Kehutanan Nomor P.8/VI-BPPHH/2012 Tanggal 17 Desember 2012 tentang Standar dan Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dan Verifikasi Legalitas Kayu (VLK).

PRINSIP TANGGUNG JAWAB

Organisasi klien dari PT. AYAMARU SERTIFIKASI memiliki tanggung jawab untuk memenuhi persyaratan sertifikasi.

PT. AYAMARU SERTIFIKASI memiliki tanggung jawab untuk mengases bukti objektif yang memadai sebagai dasar pengambilan keputusan sertifikasi. Berdasarkan kesimpulan audit, PT. AYAMARU SERTIFIKASI membuat suatu keputusan untuk memberikan sertifikasi jika terdapat bukti kesesuaian yang memadai atau tidak memberikan sertifikasi jika tidak terdapat bukti kesesuaian yang memadai.

Tata cara pengambilan keputusan sertifikasi diatur melalui Prosedur Nomor PR/A-SERT/0001, yakni tentang Prosedur Kerja Proses Sertifikasi. Setiap audit didasarkan pada pengambilan contoh di dalam sistem manajemen organisasi, oleh karena itu tidak memberi jaminan bahwa persyaratan telah terpenuhi 100%.

PRINSIP KETERBUKAAN

PT. AYAMARU SERTIFIKASI menyediakan akses kepada publik atau memaparkan informasi secara tepat waktu mengenai proses audit dan proses sertifikasinya, serta status sertifikasi suatu organisasi (misalnya, pemberian sertifikasi, perluasan, pemeliharaan, pembaruan, pembekuan, pengurangan lingkup, atau pencabutan sertifikasi), agar selalu mendapat kepercayaan atas integritas dan kredibilitas sertifikasi. Keterbukaan merupakan prinsip dalam mengakses atau memaparkan informasi secara tepat. Status sertifikasi dapat diakses melalui website https://ayamarucertification.wordpress.com.

Untuk mendapatkan atau memelihara kepercayaan sertifikasi, PT. AYAMARU SERTIFIKASI selalu menyediakan akses atau dapat memaparkan informasi secara tepat yang tidak bersifat rahasia mengenai kesimpulan audit spesifik (misalnya, audit untuk menanggapi keluhan) kepada pihak tertentu yang berkepentingan. Akses tersebut dapat diperoleh di Sekretariat PT. AYAMARU SERTIFIKASI dengan alamat Komplek Ruko Braja Mustika B-11 Lantai 1, Jl. DR. Sumeru RT/RW 002/001 Bogor Barat-Indonesia, dengan nomor kontak yang dapat dihubungi adalah 0251-8333513 ; 8333515 Fax 0251-8333593, dan e-mail : abp.certification@ayamarubaktipertiwi.co.id

PRINSIP KERAHASIAAN

Untuk mendapatkan akses istimewa terhadap informasi yang diperlukan bagi                       PT. AYAMARU SERTIFIKASI dalam mengakses kesesuaian terhadap persyaratan sertifikasi, PT. AYAMARU SERTIFIKASI selalu menjaga kerahasiaan seluruh informasi klien. Pengelolaan kerahasiaan informasi diatur dalam Prosedur Nomor PR/A-SERT/0002, yakni tentang Prosedur Kerja Pengelolaan Informasi.

PRINSIP DAYA TANGGAP TERHADAP KELUHAN

Pihak yang mempercayai sertifikasi klien PT. AYAMARU SERTIFIKASI dapat meminta segala keluhan diselidiki. Jika keluhan benar, sebaiknya pihak tersebut memperoleh kepastian bahwa keluhan ditangani dengan benar dan diselesaikan secara layak.

Daya-tanggap terhadap keluhan merupakan sarana perlindungan yang efektif bagi         PT. AYAMARU SERTIFIKASI, kliennya dan pengguna sertifikasi lainnya terhadap kesalahan, kelalaian atau perilaku yang tidak wajar. Kepercayaan dalam kegiatan sertifikasi akan terpelihara apabila keluhan diproses secara benar.

Keseimbangan antara prinsip keterbukaan dan kerahasiaan, termasuk daya tanggap terhadap keluhan, adalah penting untuk menunjukkan integritas dan kredibilitas kepada seluruh pengguna sertifikasi PT. AYAMARU SERTIFIKASI. Penanganan keluhan diatur dalam Prosedur Nomor PR/A-SERT/0003, yakni tentang Prosedur Kerja Penanganan Keluhan dan Banding.